Selasa, 22 Januari 2013

Komputer berjalan lambat





Ketika komputer berjalan terasa lama seperti jalannya siput dan kura2, ingin mengetik sambil dengeri musik serta berchating terasa lama prosesnya, suara terputus2, buka link web terasa lama sekali, ngetik 1 kalimat jadi terasa lama, tentunya hal ini akan sangat mengesalkan sehingga membuat galau. hahaha
Kejadian ini tidak hanya terjadi komputer tipe lama atau jadul, bisa juga menyerang komputer2 baru yg jarang di bersihkan atau diperiksakan kedokter,haha. Semua itu bisa terjadi karena beberapa sebab yg terkadang kita lupa atau tidak mengetahui secara detil apa penyebabnya, diantara penyebabnya adalah sebagai berikut:



  1. Perbandingan processor dan ram harus seimbang, misal proci p4 1.7, 2.4, 3.0 minimun ram 512mb, 1gb++ lebih baik. Untuk tipe processor terbaru yakni Dualcore, Core2Duo, Core i3 dst minimum ram 1gb, 2gb++ lebih baik. Jika minimum ram tidak sesuai maka efeknya proses start windows agak lambat serta untuk proses multi tasking pun akan lambat, segera lakukan upgrade ram anda agar sistem windows dan processor berjalan maksimal dengan ram yg cukup.
  2. RAM, ram yg kotor atau tidak normal bisa juga menyebabkan proses start up windows jadi lama, sehingga perlu dibersihkan slot memory ram dan module ram.
  3. Terlalu banyak program yg berjalan pada saat proses start up.
  4. Terlalu banyak sampah atau file2 tidak terpakai dalam sistem.
  5. Virus, virus juga dapat menyerang sistem file komputer dapat menghambat kinerja sistem itu sendiri, dan bahkan dapat menjadikan proses tersebut jadi berlipat ganda dan terasa berat untuk dijalankan. Untuk mengatasi Hal2 diatas bisa dilakukan dengan beberapa trik berikut:
  • Untuk sistem yg telah terkontaminasi virus segera update databse virus yg up to date dan lakukan scanning dan apabila terdeteksi virus maka segera bersihkan sistem dan file dari infeksi virus2.
  • Untuk masalah terlalu banyak program yg berjalan saat proses start up bisa di matika proses tersebut melalui menu run, kemudia ketik msconfig lalu ok, kemudian pilih menu start up lalu periksa program2 yg tidak perlu tampil saat start up dengan mengkosong kotak cek pada tiap2 program yg berjalan.
  • Untuk masalah terlalu banyak junk files atau file2 sampah yg menhambat program, bisa menggunakan beberapa aplikasi pembersih sampah yg bisa didapat dari Google, seperti Tune Up utilities, CC Cleaner, System Mechanic, WinUtilities, Advances SystemCare, Windows Doctor, Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar