Senin, 21 Januari 2013

Komputer (CPU) menyala tanpa ada penampakan dilayar dan tanpa nada dering sama sekali


Komputer (CPU) yang semula normal, tiba2 ketika mau dinyalakan tidak menunjukan penampakan sama sekali dilayar bahkan tanpa diiringi nada dering sama sekali atau terkadang komputer dengan keadaan tersebut tetapi lama kelamaan bisa menyala sendiri dan bahkan ketika menyala muncul pesan eror pada bios, wah pasti bingung pake banget sekali. Ketika CPU menyala dengan kejadian diatas bisa terjadi karena beberapa sebab:
  1. Chipset Bios Motherboards yg telah rusak, chipset bios motherboard yg rusak sebenarnya bisa diakali dengan mengganti chipset bios yg sama persis tetapi kendalanya blm ada yg jual khusus sparepart chipset bios, karena chipset bios udah dalam satu paket dengan motherboard dan tidak dijual terpisah. Kalaupun ingin menkanibal dengan chipset bios motherboard yg laen yg rusak tp tipe chipsetnya sama pun blm tentu bisa dan pastinya susah caranya. yg lebih hemat dan praktis y ganti aja motherboard yg new/second tergantung sikon aja,hehe
  2. Baterai CMOS yg habis, batere cmos yg abis bisa menyebabkan aliran listrik ke motherboard tidak stabil sehingga bios terkadang susah untuk tampil. Kejadian ini sudah saya alami 2x, ketika bekerja disebuah toko komputer dan di rumah temennya kk. Alasannya sama yaitu komputer menyala tanpa ada penampakan dan tanpa ada bunyi tetapi terkadang bisa menyala dengan sendirinya tetapi perlu waktu yg lama. Kemudian setelah saya analisa dengan mencabut semua input power dan mematikannya, kemudia dinyalakan dan hasilnya sama dengan diatas, dan setelah nunggul 10-5 menit dengan membongkar pasang semua hardware akhirnya bisa menyala dengan diiringi tampilan pesan eror pada bios, biasanya checksum eror/ time and date wrong, akhirnya dengan memberanikan diri mengganti batere cmos dan taraaaaaa,......akhirnya menyala dengan normal kembali meskipun setelah dimatikan dan semua input power dicabut dan dimatikan dalam beberapa jam, kemudian dinyalakan lagi bisa kembali normal.

Beberapa gambar chipset bios motherboard dan baterai CMOS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar