Rabu, 16 Januari 2013

Pengenalan Komputer






Di tahun 2013 siapa sih yg tidak mengenal komputer? sebagian mungkun sudah mengenal dan lainnya mungkin juga belum mengenal. Bagi orang2 yg awam dengan komputer dikarenalan ketidak mampuan ekonomi dan pendidikan mungkin belum begitu mengerti tentang komputer yg sudah semakin populer dan menjadi bagian kehidupan orang2 pada saat ini. Komputer merupakan sebuah perangkat elektronika yang memiliki kemampuan untuk pengolahan data informasi yang berupa tulisan, gambar, suara, ataupun video(gambar bergerak) untuk diproses sesuai dengan kebutuhan.
Sebuah komputer terbangun dari 3 komponen utama yaitu Hardware (Perangkat keras), Software(Perangkat lunak), dan Brainware (Pengguna komputer tsb).

  1. Hardware terdiri dari: 
    Casing dan Power Supply Unit (PSU)
    Motherboard/Mainboard
    Processor
    Kipas Processor dan kipas2 lainnya kalo ada,hehe
    RAM (memory)
    Hardisk
    CD/DVD Rom/RW
    Floppy Disk (dah jarang dipake sekarang)hehe
    VGA Card
    Sound Card
    Lan Card
  2. Software terdiri dari:
    Sistem Operasi (windows xp/windows vista/windows 7/windows 8/Linux/DLL)
    Office suite (Microsoft office 2007, 2010/ DLL)
    Multimedia (Pemutar audio dan video/ Converter audio dan video/ Editor audio dan video/DLL)
    Desain Grafis (Corel/Photoshop/Adobe/DLL)
    Games
    Utilities (Partition manager/Cleaner/Recovery tool/DLL)
Komputer saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, entah dirumah/sekolah/kantor/kampus/perusahaan (kecil dan besar) dsb saat ini telah memanfaatkan komputer untuk mempermudah pekerjaan. Tetapi yg menjadi momok adalah ketika si komputer ngadat gak jelas/mengalami masalah, siapa yg repot???? Pasti semua repot kalo komputernya ngadat gak jelas, untuk sebagian orang yg mengerti tentang jeroan komputer mungkin bisa diatasi dengan mudah, tapi bagi yg belum tau tentang jeroan komputer dan baru bisa memakai atau sekedar pemakai alias user???

Melalui blog ini saya ingin berbagi pengalaman dalam menangani komputer yg ngadat gak jelas, saya bukan seorang ahli/pakar komputer, karena saya juga tidak pernah belajar komputer secara spesifik, entah ikut kursus ataupun pelatihan bahkan dirumah pun belum ada komputer sampai saya kuliah. Tapi semua pengalaman yg saya dapat dengan Otodidak alias dari sekedar iseng dan liat para suhu dan master komputer akhirnya bisa mengerti juga... ;D

Beberapa masalah yg sering dihadapi saat komputer ngadat gak jelas:
- Komputer gk nyala
- Komputer nyala tapi tat tit tut.........
- Komputer tiba2 diem membisu.......
- dan yang pualing sering adalah ketika komputer berjalan kayak ulet bulu,.....hahaha

untuk pembahasannya dilanjut ke post berikutnya,.. ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar